Hasil Perolehan Suara Sementara Qick Count Pilkada Jawa Tengah ( Jateng ) 2013

Hasil Perolehan Suara Sementara Qick Count Pilkada Jawa Tengah ( Jateng ) 2013

Pilkada Jateng 2013 – Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah yang digelar pada Minggu, 26 Mei 2013 diikuti oleh tiga pasang calon. Sebelumnya beberapa Lembaga Survei seperti Median atau Media Survei Nasional dan LSKP atau Lembaga Survei Kebijakan Publik telah melakukan Survei terhadap ketiga pasangan kandidat di Pilgub tersebut.

Tiga pasang kandidat yang bertarung memperebutkan kursi Gubernur dan Wakil Gubernur di Propinsi ini adalah : Pasangan Bibit Waluyo – Sudijono Sastroatmojo (incumbent) yang didukung Koalisi Partai Demokrat, Golkar dan PAN. Pasangan Ganjar Pranowo – Heru Sujatmoko didukung PDIP yang memiliki basis kuat di Jateng dan Pasangan Hadi Prabowo – Don Murdono didukung PKS, Gerindra, PKB, PPP, dan Hanura.

Hasil Quick Count Perolehan Suara Sementara Pilgub Jateng 2013 :

1. Bibit Waluyo – Sudijono Sastroatmojo (BISSA) : 0 Pesen Suara
2. Ganjar Pranowo – Heru Sujatmoko : 0 Pesen Suara
3. Hadi Prabowo – Don Murdono (HP-Don): 0 Pesen Suara

#Hasil Pilkada Jateng 2013 Sementara masih menunggu update pada waktunya.

Sebelumnya beberapa Lembaga Survei seperti Median atau Media Survei Nasional dan LSKP atau Lembaga Survei Kebijakan Publik telah melakukan Survei terhadap ketiga pasangan kandidat yang bertarung di Pilgub Jateng 2013.

Media Survei Nasional – Median mengadakan survei terkait popularitas para kandidat dan partai pendukungnya. Survei yang dilakukan selama 23 Maret – 3 April 2013 ini juga merekam faktor yang menjadi pertimbangan publik dalam memilih para kandidat. Survei melibatkan 1.200 responden, menggunakan metode multistage random sampling secara proporsional kepada warga Jateng. Margin of error diperkirakan sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil yang didapat dari Survei tersebut, Untuk Tingkat popularitas Kandidat didapatkan hasil : Bibit Waluyo : 80,8 persen, Hadi Prabowo : 65 persen dan Ganjar Pranowo : 63 persen. Sedangkan untuk Partai Politik Pendukungnya : PDIP : 15,1 persen, Golkar : 11,2 persen, PKS : 10,4 pesen, Gerindra : 8,2 persen, PKB : 8,1 persen dan PPP : 7,7 persen. – #lihat selengkapnya klik disini : Pilgub Jateng 2013 – Hasil Survei Pilkada Jateng

Lembaga Survei Kebijakan Publik – LSKP mengadakan pula Survei Quick Count perolehan suara angka ketiga kandidat Calon Gubernur Jawa Tengah yang dipaparkan pada pukul 14.00 WIB, di Hotel Grand Candi, Semarang, Minggu (14/4). Data survei yang dihasilkan LSKP dengan mewancarai 440 responden yang berlangsung antara tanggl 3-9 April. Survei yang menggunakan metode multistage random sampling, atau bisa disebut teknik acak sampling populasi dengan margin error sebesar kurang lebih 4,8%.

Hasil yang didapat dari LSKP sebagai survei yang megaku paling akurat dan presisi dibawah anak perusahaan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan : Pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmojo (BISSA) : 39 persen, Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko : 8,4 persen dan Pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don) : 6,8 persen. Sementara, responden yang masih ragu dan tidak menjawab (swing votters) masih besar, yakni 45,8%.

Menjelang pemilihan gubernur Jateng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mempersiapkan teknologi informasi untuk mengetahui penghitungan sementara jumlah perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada hari pemungutan suara pada Minggu, 26 Mei 2013. Ketua KPU Jateng, M Fajar Saka, mengatakan, penghitungan sementara ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jumlah perolehan suara.

Menurut Fajar, hitung sementara akan diambil dari 70 persen suara yang masuk, sehingga bisa menjadi gambaran perolehan suara. Meski begitu, Fajar mengatakan, hasil hitung sementara itu tidak akan menjadi acuan bagi KPU untuk menetapkan hasil penghitungan suara. Ia menegaskan, KPU tetap akan berpegang pada hasil rekapitulasi penghitungan suara secara manual. Fajar menambahkan, nantinya para petugas KPPS akan mengirimkan hasil penghitungan suara melalui SMS ke server yang sudah disiapkan oleh KPU Jateng.

Advertisement